3.1 Metode Pelatihan Online PSLH ITB

Metode Pelatihan Online di PSLH ITB terdiri dari 3 kegiatan utama yaitu

  • Kuliah Online (Webinar)
  • Diskusi Kelompok Online, dan
  • Belajar Mandiri melalui portal e-learning PSLH ITB.


Webinar adalah pertemuan bersama (kuliah umum) menggunakan fasilitas ZOOM meeting atau aplikasi sejenis.

Diskusi Kelompok Online adalah pertemuan online dengan jumlah peserta yang lebih kecil (diskusi kelompok) dengan menggunakan fasilitas ZOOM atau aplikasi sejenis. Tiap kelompok dibimbing oleh satu Instruktur Pelatihan. Diskusi Kelompok Online membahas teknik pengerjaan tugas dan asistensi tugas.

Belajar Mandiri adalah pendalaman materi secara mandiri melalui portal e-learning PSLH ITB. Portal e-learning berisi video pemaparan KLHS, file presentasi, diktat, bahan latihan dan kuis. Belajar Mandiri tidak ditentukan waktunya, peserta bisa menyesuaikan dengan ketersediaan waktu masing-masing.

Setelah menyelesaikan Pelatihan KLHS Online, peserta akan diberikan Sertifikat dari PSLH ITB dalam bentuk e-certificate yang akan dilirimkan melalui email dan Sertifikat Print Out yang akan dikirimkan melalui pos ke alamat masing-masing.

Peserta pelatihan terbuka untuk umum: pemerintah daerah, akademisi, konsultan, mahasiswa dan masyarakat umum. PSLH ITB telah banyak melakukan pelatihan lingkungan yang didukung oleh para pengajar yang ahli dan berpengalaman. Para pengajar adalah pada dosen ITB yang ahli dan berpengalaman dalam analisis dan kajian lingkungan.


Terakhir diubah: Minggu, 24 Mei 2020, 09:00